UTS Media pembelajaran 2018/2019 (genap)
LEMBAR JAWABAN
1. Menurut Gerlach dan Ely, media adalah manusia yang membangun kondisi yang
membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.
Jelaskan!
Jawab : maksud dari media atas adalah
Guru, yang mampu menjembatani tersampainya pengetahuan, keterampilan pada siswa.
2. Berdasarkan sifatnya, media pembelajaran terbagi menjadi tiga, yakni audio,
visual, dan audio visual. Jelaskan ketiganya!
Jawab :
a. Audio
Yaitu media yang
mempunyai sifat bunyi, suara, yang pada diterima dengan indera pendengaran. Seperti
: Radio, voice recorder, composser
b. Visual
Media yang mempunyai
sifat yang dapat diterima dengan indera penglihatan, berupa gambar, tulisan, slide-gambar.
c. Audio-visual
Media yang melibatkan
antar indera penglihatan dan pendengaran. Seperti video, tv, dll
3.
Saudara tentunya telah mengetahui perbedaan sumber belajar, media
pembelajaran, alat bantu guru, dan alat peraga, jelaskan perbedaan keempat hal
tersebut dan contoh pemanfaatannya dalam pembelajaran!
Jawab :
Ø Sumber belajar yaitu titik awal dari penukilan atau pengambilan suatu
ilmu, bisa juga diartikan sebagai pusat informasi. contoh : buku, guru,
Ø Media pembelajaran ialah media yang kegunaannya diperlukan didalam
proses belajar mengajar untuk tersampainya sebuah materi. Contoh : guru, buku
tulis.
Ø Alat bantu guru yaitu peralatan yang memudahkan guru untuk
melakukan kegiatan mengajar. Conto : papan tulis, spidol, laptop, proyektor.
Ø Alat peraga. Guna memperjelas maksud dari proses belajar. Contoh :
tangan, kaki, badan.
4.
Ciri-ciri media pendidikan ada tiga, yaitu ciri Fiksatif,
manifulatif dan distributif, jelaskan ketiga ciri tersebut !
·
Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media
merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau
objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media
seperti fotografi, video tape, audio tape, disket computer, dan film.
·
Manipulatif
Kejadian yang memakan waktu berhari-hari
dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik
pengambilan gambar. Disamping dapat dipercepat, suatu kejadian dapat pula
diperlambat pada saat menayangkan kembali hasil suatu rekaman video. Media
(rekaman video atau audio) dapat diedit sehingga guru hanya menampilkan
bagian-bagian penting/utama dari ceramah, pidato, atau urutan suatu kejadian
dengan memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan.
·
Distributif
Ciri distributif dari media memungkinkan
suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan
kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus
pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
5.
Jelaskan fungsi utama media menurut Azhar Arsyad !
Jawab :
1.
Penggunaan
media belajar dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan
tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi
belajar mengajar yang efektif.
2.
Penggunaan
media belajar merupakan bagian yang
integral dari keseluruhan situasi mengajar
3.
Media
belajar dalam pengaharan penggunaanya integral dengan tujuan dan isi pelajaran
4.
Media
belajar dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sebagai alat
pelengkap
5.
Media
belajar dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar
mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru
Penggunaan media belajar dalam pengajaran diutamakan untuk
mempertinggi mutu belajar mengajar.
6.
Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi menjadi dua, yaitu
media sederhana dan media kompleks, jelaskan keduanya dan berikan contohnya !
Jawab :
1.
Medi
sederhana yaitu media yang pengadaannya mudah didapat, murah, gampang
penggunaannya. Seperti alat tulis, buku, dll
2.
Media
kompleks yaitu media yang pembuatannya sulit, penggunaanya perlu keahlian
tertentu, pengadaannya susah (mahal) seperti komputer, laptop, proyektor dll.
7.
Coba saudara jelaskan maksud kerucut pengalaman menurut Edgar Dale !
Coba saudara jelaskan maksud kerucut pengalaman menurut Edgar Dale !

Berdasarakan kerucut pegalaman di atas,, dapat disimpulkan beberapa hal :
·
Penyerapan materi dalam proses belajar-mengajar itu berbeda.
·
Dengan cara membaca bisa mengingat 10%.
·
Dengan cara mendengar (audio) bisa mengingat 20%
·
Dengan cara melihat (visual) bisa mengingat 30%
·
Dengan cara melihat (visual) dan mendengar (audio) bisa mengingat 50%
·
Dengan cara mengatakan dan menulis bisa mengingat 70%
·
Dengan cara melakukan sesuatu (pengalaman) atau mengucapkan kalimat-kalimat
sesuai dengan pemahaman mereka, dan melakukan sesuatu yang nyata, bermain
peran, bersimulasi bisa mengingat 90%
Kerucut Pengalaman oleh Edgar Dale mengajarkan bahwa dalam
pembelajaran tidak ada yang instan, harus disertai proses yang cukup panjang
dan harus diikuti kemauan dari diri sendiri. Pencapaian dari Kerucut Pengalaman
Edgar Dale akan diterapkan dalam proses belajar mengajar yang diimplikasikan
dalam metode, media, taktik, model pembelajaran, dan aspek pembelajaran
lainnya.
Komentar
Posting Komentar