Media Pembelajaran resume 5

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER

BELAJAR


Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi atau tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku – buku atau bacaan lainnya, yang digunakan untuk sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan.

Dalam bahasa Arab, perpustakaan disebut kutubkhanah atau al-maktabah yang diartikan sebagai dar al-kutub yang semuanya berasal dari kata yang sama yakni kataba, yaktubu katban, kitaban, kitabatan, yang artinya tentang tulisan atau tentang kitab, buku.

Manfaat Perpustakaan

1. Manfaat perpustakaan bagi peserta didik adalah sebagai berikut:

a. perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik,
b. perpustakaan dapat menimbulkan kecintaan terhadap membaca kepada peserta didik,
c. perpustakaan dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik,
d. peprpustakaan dapat memperkaya pengalaman belajar peserta didik,
e. perpustakaan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik,
f. perpustakaan dapat melatih peserta didik untuk bertanggung jawab, dan
g. perpustakaan dapat membantu peserta didik dalam hal menyelesaikan tugas.

2. Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar.

Perpustakaan merupakan pusat sarana akademis yang menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku,majalah, jurnal/ilmiah, peta, surat kabar, karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan , serta bahan non-cetakan seperti micro-film,micro-fish, foto-foto, film ,kaset audio/video,dan lain-lain.oleh karena itu, perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada ummumnya untuk memperoleh info masing-masing dalam berbagai ilmu pengetahuan baik unuk tujuan akademis maupun rekreasi. Bahan-bahan yang tersedia dapat dikelompokan menjadi tiga,yaitu :

1. Referensi
Bahan-bahan referensi biasanya ditata dalam satu ruang khusus yang merupakan sumber-sumber untuk menemukan fakta tertentu yang sudah baku, misalnya :ensiklopedia,kamus, statistic, buku tahunan, biografi, buku pegangan, atlas, indeks (tesis, disertasi, artikel ilmiah).

2. Reserve
Bahan-bahan reserve biasanya terdiri dari buku-buku, artikel, atau handsout untuk mata pelajaran tertentu atas permintaan pengajarnya dengan maksud agar semua pelajar-mahasiswa dapat memperoleh akses terhadap bahan yang telah disebabkan oleh pengajar.

3. Pinjaman
Buku-buku di bidang keilmuan pada umumnya siap dipinjamkan dalam jangka waktu dua minggu sampai satu bulan kepada orang yang sudah memiliki kartu anggota perpustakaan.

Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Secara Efektif Memerlukan Keterampilan Sebagai Berikut (Achsin,1986) :

1. Ketermpilan mengumpulkan informasi yang meliputi keterampilan, mengenal sumber informasi,menentukannya dengan berdasarkan system klasifikasi perpustakaan dengan cara penggunaan indeks dan majalah.
2. Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasinya memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah dan mendokumentasikan informasi dan jumlahnya.
3. Keterampilan menganalisis,mengintervensikan dan mengevaluasi informasi.
4. Keterampilan menggunakan informasi; seperti memanfaatkan inti sari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah, menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Media pembelajaran 2018/2019 (genap)

Media Pembelajaran resume 4